ENTERPRENEUR - ENTERPRENEUR SUKSES DI DUNIA
NAMA KELOMPOK :
1. Ajeng Zahra Putri
2. Revalina Dewi
3. Rismawati
4. Siti Fatmanah
5. Wilna Firda
6. Zalfa Rahmavianti
A) INTERPRENEUR MARK ZUCKERBERG
PROFIL Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg lahir dikawasan Dobbs Ferry,Westchester County, Newyork . Pada tanggal 14 Mei 1984. Ia adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha internet, Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook pada tahun 2004 - hingga sekarang. Pendidikan yang ia jalankan akademi Philips Exeter ( 2000-2002 ), Universitas Harvard ( 2002-2004 ).
Pada masa kecilnya, ia adalah anak ke-dua dari empat bersaudara, dari pasangan orang tua bernama Edwark Zuckerberg dan Karena Kempner yang bekerja sebagai dokter gigi dan skiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengotak-atik komputer,dan mencoba belajar membuat program komputer. Ayahnya sendiri yang membelikan komputer sejak ia berumur 8 tahun. Saat di Sekolah Menengah Philips Exeter Academy, ia dan rekannya membuat Plug-in untuk MP3 Player Winamp.
Cara Mark Zuckerberg dalam mendirikan wirausahanya.
Dahulu sebelum Mark mendirikan Facebook ia pernah membuat Course Match dan Facemash namun saat merilis proyek tersebut, proyek tersebut hanya digunakan serta diperuntukan secara terbatas yaitu hanya mahasiswa yang berkuliah di Harvard saja.
Berangkat dari kegagalan website Course Match dan Facemash, mark menyadari bahwa banyak orang yang membutuhkan website atau jaringan sosial yang bisa menghubungkan mereka dengan yang lain. Saat itu, webiste Facebook diluncurkan dengan menggunakan kode-kode Course Match dan Facemash. Dapat disimpulkan webiste Facebook adalah penyempurnaan dari Facemash.
Jenis produk usaha atau jasa nya
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jenis produk dari Mark Zuckerberg adalah menciptakan situs jejaring sosial yaitu website facebook.
Kiat sukses Mark Zuckerberg bersama temannya dalam hal mengembangkan website facebook ialah :
1. Membuat produk yang bermanfaat untuk banyak orang.
2. Memulai dari yang kecil dan mudah untuk dilakukan
3. Terbuka pada perubahan dan tidak lupa tujuan awal.
B) Elon Reeve Musk FRS
Profil Elon Reeve
adalah sosok pria tersohor dunia yang berhasil menemukan teknologi populer. Dia juga banyak berpesan dan menginspirasi orang-orang untuk terjun ke dunia bisnis. Awal mula karir Elon Musk dimulai setelah lulus dari Universitas Pennsylvania dengan gelar sarjana di bidang ekonomi, dan bermaksud untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford di bidang fisika energi. Namun, Elon Musk saat berkuliah melihat peluang dikala booming-nya internet saat itu dan memaksakan dirinya keluar dari Stanford untuk mendirikan perusahaan Zip2 Corporation pada tahun 1995. Zip2 merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak web yang akan membantu surat kabar. Perusahaan ini berlangsung cukup singkat dan dijual oleh Elon Musk. Hasil dari penjualannya digunakan untuk membuat X.com. X.com lalu bergabung dengan perusahaan bernama Confinity atau yang kini dikenal sebagai PayPal. Pada bulan Oktober 2002 perusahaan ini diakuisisi oleh eBay. Melalui akuisisi ini, Musk memperoleh miliar pertamanya seharga USD1,5 miliar (Rp22 triliun saat ini).
Jenis produk dan jasa elon reeve musk
- SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa
- Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif
- OpenAI
- SolarCity
- Neuralink, serta beberapa perusahaan lainnya.
Kiat sukses Elon Musk dalam menjalankan usaha
- Bekerja Dua Kali Lebih Keras Dibandingkan Orang Lain.
- Fokus pada Pelanggan.
- Jangan Hanya Membayangkan Enaknya Bisnis.
- Belajarlah dari Kesalahan.
C) INTERPRENEUR JEFFREY PRESTON BEZOS
PROFIL JEFFREY PRESTON BEZOS
JEFFREY PRESTON BEZOS adalah salah satu pengusaha terkaya di dunia.
ia adalah Pendiri, Ketua,CEO,Presiden dan Pemilik Saham Mayoritas Perusahaan Teknologi Terbesar di dunia Amazon.com.Lulusan Universitas Princeton,Bezos pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa bekerja sebagai analisis keuangan untuk D.E.Shaw & Co.sebelum mendirikan Amazon ia pernah dipilih sebagai Person of the year oleh majalah TIME.
CARA JEFF BEZOS DALAM MENDIRIKAN USAHANYA HINGGA TERKENAL.
JEFF BEZOS memulai usahanya dengan pengalamannya saat bekerja pada perusahaan jaringan perdagangan internasional dan juga sambil mengumpulkan modal ,setelah dua tahun ia berpindah kerja ke Banker Trust untuk membuat software pengelola dana pensiun,sehingga ia berkeinginan untuk membangun wirausaha secara mandiri semakin besar. Seiring ia bekerja sebagai senior VICE PRESIDENT di peusahaan FINANSIAL DE SHAW COMPANY.
Pada tahun 1994 JEFF BEZOS mendirikan wirausaha secara mandiri dengan membuka toko buku di garasi rumahnya. Setahun berikutnya ia mulai membangun Amazon.com menjadi toko buku online yang dijalankan dari SEATTLE,WASHINGTON.
Keputusan membangun toko online tersebut berawal dari penelitian yang dilakukan ,bahwa tak satupun penerbit buku yang memiliki Mail-Order. Hal tersebut karena pembuatan katalognya memerlukan ribuan halaman dan penawaran lewat surel membutuhkan biaya besar. Untuk mengembangkan perusahaan,ia selalu menghadiri konvensi tahunan American Booksellers Association untuk melobi penjual buku.
Amazon lalu melebarkan sayapnya dengan merambah sektor yang lainnya. Sebagai langkah awal, ia menjalin kerjasama dengan Blue Origin. Juga melakukan ekspansi dengan mengakuisisi media Washington Post, memiliki ekspedisi Bezos Expeditions, serta investasi di bidang kesehatan. Amazon kini juga mengembangkan retail yang terhubung dengan aplikasi dimana pengunjung bisa melakukan belanja secara mandiri tanpa ada yang melayani dan tidak ada kasir. Toko dipasangi dengan cctv.
JENIS JASA
Usaha yang dijalankan adalah sebagai pendiri jasa website toko online terbesar di dunia Amazon.com, website yang mengawali usaha dengan berjualan buku secara onlin tersebut kini sudah berkembang menjadi toko online aneka rupa dengan penghasilan miliyaran dollar.
ia adalah Pendiri, Ketua,CEO,Presiden dan Pemilik Saham Mayoritas Perusahaan Teknologi Terbesar di dunia Amazon.com.Lulusan Universitas Princeton,Bezos pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa bekerja sebagai analisis keuangan untuk D.E.Shaw & Co.sebelum mendirikan Amazon ia pernah dipilih sebagai Person of the year oleh majalah TIME.
CARA JEFF BEZOS DALAM MENDIRIKAN USAHANYA HINGGA TERKENAL.
JEFF BEZOS memulai usahanya dengan pengalamannya saat bekerja pada perusahaan jaringan perdagangan internasional dan juga sambil mengumpulkan modal ,setelah dua tahun ia berpindah kerja ke Banker Trust untuk membuat software pengelola dana pensiun,sehingga ia berkeinginan untuk membangun wirausaha secara mandiri semakin besar. Seiring ia bekerja sebagai senior VICE PRESIDENT di peusahaan FINANSIAL DE SHAW COMPANY.
Pada tahun 1994 JEFF BEZOS mendirikan wirausaha secara mandiri dengan membuka toko buku di garasi rumahnya. Setahun berikutnya ia mulai membangun Amazon.com menjadi toko buku online yang dijalankan dari SEATTLE,WASHINGTON.
Keputusan membangun toko online tersebut berawal dari penelitian yang dilakukan ,bahwa tak satupun penerbit buku yang memiliki Mail-Order. Hal tersebut karena pembuatan katalognya memerlukan ribuan halaman dan penawaran lewat surel membutuhkan biaya besar. Untuk mengembangkan perusahaan,ia selalu menghadiri konvensi tahunan American Booksellers Association untuk melobi penjual buku.
Amazon lalu melebarkan sayapnya dengan merambah sektor yang lainnya. Sebagai langkah awal, ia menjalin kerjasama dengan Blue Origin. Juga melakukan ekspansi dengan mengakuisisi media Washington Post, memiliki ekspedisi Bezos Expeditions, serta investasi di bidang kesehatan. Amazon kini juga mengembangkan retail yang terhubung dengan aplikasi dimana pengunjung bisa melakukan belanja secara mandiri tanpa ada yang melayani dan tidak ada kasir. Toko dipasangi dengan cctv.
JENIS JASA
Usaha yang dijalankan adalah sebagai pendiri jasa website toko online terbesar di dunia Amazon.com, website yang mengawali usaha dengan berjualan buku secara onlin tersebut kini sudah berkembang menjadi toko online aneka rupa dengan penghasilan miliyaran dollar.
KIAT SUKSES DALAM MENJALANKAN USAHA JEFF BEZOS
1. Berani beraksi dan mengambil resiko
2. Tinggalkan segala keraguan untuk gunakan kesempatan sebaik mungkin.
3. Harus memiliki perencanaan yang matang terkait actions yang harus dilakukan sehingga mampu meminimalisir penyesalan
4. Seorang pengusaha musti show up dengan melakukan promosi dan pelayanan sebaik mungkin.
5. Selalu ingat prinsip pembeli adalah raja dalam berwirausaha sehingga konsumen produk yang Anda tawarkan merasa nyaman dan bisa menjadi pelanggan, bahkan merekomendasikan kepada teman yang lain
1. Berani beraksi dan mengambil resiko
2. Tinggalkan segala keraguan untuk gunakan kesempatan sebaik mungkin.
3. Harus memiliki perencanaan yang matang terkait actions yang harus dilakukan sehingga mampu meminimalisir penyesalan
4. Seorang pengusaha musti show up dengan melakukan promosi dan pelayanan sebaik mungkin.
5. Selalu ingat prinsip pembeli adalah raja dalam berwirausaha sehingga konsumen produk yang Anda tawarkan merasa nyaman dan bisa menjadi pelanggan, bahkan merekomendasikan kepada teman yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar